API-API UNTUK OBAT SAKIT GIGI

Tumbuhan obat dari hutan lainnya yang sudah lama dikenal orang adalah Api-api. Api-api dapat menyembuhkan sakit gigi. Masyarakat tradisional di pesisir biasa memanfaatkan kulit batang tumbuhan ini untuk mengobati  sakit gigi. Kandungan senyawa steroid dan fenol hidrokuinon pada ekstrak kulit kayu Api-api diduga mampu menghambat pertumbuhan bakteri. Hal ini yang  menyebabkan rasa sakit pada gigi/gusi hilang.
Avicennia sp kulitnya untuk obat sakit gigi
Sebagai salah satu unsur pembentuk hutan mangrove api-api tergolong dalam famili Verbenaceae ( adapula yang memasukkan ke dalam famili Acanthaceae ) dengan nama genus Avicennia. Diperkirakan tidak kurang dari 8 species Api-api yang tumbuh menyebar dari dikawasan tropis Afrika, Asia, Asia Tenggara hingga Australia. Seperti umumnya mangrove api-api menyukai rawa-rawa, pantai berlumpur dan sungai-sungai pasang surut. Sosok pohon tinggi, dapat mencapai 30 meter dengan tajuk tipis dan berakar nafas yang muncul di permukaan serupa paku. Daun tunggal berbentuk bulat berwarna hijau tua mengkilap dan berwarna keputihan dibagian sisi bawahnya.
Penggunaan kulit kayu api-api dilakukan dengan cara menumbuk kulit kayu yang telah dijemur sampai kering, lalu diseduh dengan air panas. Setelah seduhan dingin disaring dan digunakan untuk berkumur. Bagi wanita tidak disarankan minum air seduhan kulit ini karena diduga dapat mengurangi kesuburan (invertilitas) (dari berbagai sumber)

Comments

Popular posts from this blog

Logs of plantation woods against global economic crisis

SAATNYA MASYARAKAT SEKITAR HUTAN BERPERAN

CATATAN YANG TERSERAK