BANGKAL

Nauclea subdita. Merr , bangkal (Banjar), bangkal (Indonesia),bulobangkal  (English)

Pohon dari famili Rubiaceae, tumbuh di hutan yang terganggu, hutan rawa, tepi sungai dan hutan pegunungan sampai ketinggian 700 meter diatas permukaan laut. Nama ilmiah yang dikenal adalah Nauclea subdita. Merr. Tinggi pohon dapat mencapai 25 meter.  Permukaan daun kasar, berbentuk oval, tulang daun menyirip  ddengan ukuran rata-rata panjang 8-20 centimeter.
bunga dan duan bangkal, Nauclea subdita

Bunga Bangkal berwarna kuning berbentuk seperti jarum pentul (pin) mengeliling kepala yang berbentuk bulat serupa bola tennis. Bola menjadi buah ketika bunga-bunganya rontok.  Daunnya yang muda dimanfaatkan masyarakat untuk obat sakit perut, menurunkan tekanan darah, bagian kulit kayunya digunakan sebagai bahan bedak pemutih wajah. Bedak pemutih wajah dari bagian kulit kayu ini telah menjadi industri rumahan dan umum dipakai oleh masyarakat Banjar di Kalimantan dengan nama pupur bangkal. Selain mempunyai efek memutihkan bedak bangkal ini juga berfungsi sebagai sunblocker.

Comments

Unknown said…
Tulisannya sangat bermanfaat.. Saya mau bertanya, biasanya di pasar tradisional pupur bangkal dijual dengan 2 bentuk berbeda, satu dengan ukuran kecil" dan bisa dibilang warna ny agak oranye sedangkan satu ny lagi dengan bentuk agak besar dan warna ny pun agak coklat ketuaan.. Kira" apa yang membedakannya ya ? Terima kasih
Mounandar said…
ya.ini ada hubunfannya dengan kandungan kunyit sebagai campuran. yang kecil pucat mengandung campuran kunyit sedikit, fungsinya sebagai bedak dingin dan sunblock. sdgkan yg kecoklatan kandungan kunyit kebih banyak, fungsinya sebagai peeling, atau mengangkat sel-sel kulit mati.
Anonymous said…
Halo, saya mau tanya pupur bangkal melati yang bentuknya bulat pipih apakah komposisinya hanya kulit kayu Bangkal?

Popular posts from this blog

Logs of plantation woods against global economic crisis

SAATNYA MASYARAKAT SEKITAR HUTAN BERPERAN

CATATAN YANG TERSERAK