TUMBUHAN OBAT DARI HUTAN INDONESIA (5)

2. Tumbuhan Merayap

Winter melon
Benincasa hispida, bligo (Jawa), kundur (Banjar), winter melon (English)

Winter melon, nama Inggris untuk bligo karena buah yang sudah tua kulitnya  diselaputi  lilin  putih seperti  salju di musim dingin. Sejenis labu dari famili Cucurbitaceae genus Benincasa ini selain dimanfaatkan buahnya, ekstrak daun mudanya dikonsumsi untuk mengobati demam dan memperbaiki napsu makan. Daging buahnya digunakan untuk campuran minuman dingin seperti es buah dan dibuat manisan yang segar. Buah mudanya direbus dan dimakan untuk menurunkan panas dalam pada anak-anak. Kulit buah bligo bermanfaat untuk melancarkan kemih dan mengobati radang ginjal.
Kandungan kimia di dalam buah winter melon ini adalah diantaranya : karbohidrat, protein, asam nikotinat  dan vitamin B1, B2 dan C.
Winter melon/ Bligo (Benincasa hispida

Bligo yang mempunyai nama ilmiah Benincasa hispida, seperti halnya famili mentimun lainnya tumbuh dengan baik di dataran rendah dengan musim kering yang cukup lama. Jenis tanaman ini tidak terlalu memilih tanah, artinya dapat tumbuh di daerah yang miskin hara bahkan dengan salinasi yang cukup tinggi.
Penggunaan daun bligo sebagai obat :
Secara tradisional daun yang muda ditumbuk halus ditambahkan sedikit air, diperas dan disaring dengan penyaring kain untuk mendapatkan ekstrak  bersih. Estrak dauan bligo diminum 2-3 sendok makan. Khasiat yang diperoleh adalah ; menurunkan demam, melancarkan kemih, menambah stamina ( berfungsi sebagai tonikum) dan anti racun.
Manfaat buah sebagai obat  :
Buah muda direbus dan dimakan untuk menurunkan panas dalam dan sariawan.

Buah yang tua, dibuang bijinya  kemudian di jus untuk mengobati diabetes.

Comments

Popular posts from this blog

Logs of plantation woods against global economic crisis

SAATNYA MASYARAKAT SEKITAR HUTAN BERPERAN

CATATAN YANG TERSERAK