TUMBUHAN OBAT DARI HUTAN INDONESIA (2)


3. BANGKAL
Nauclea subdita. Merr , bangkal (Banjr), bangkal (Indonesia),bulubangkal (English)
Pohon dari famili Rubiaceae, dengan nama ilmiah Nauclea subdita. Merr. Habitat alami pohon ini adalah  di hutan dataran rendah, hutan yang terganggu, hutan rawa, tepi sungai dan hutan pegunungan sampai ketinggian 700 meter diatas permukaan laut. Daunnya dimanfaatkan masyarakat sekitar hutan untuk obat sakit perut, bagian kulit kayunya digunakan sebagai bahan bedak atau masker pemutih wajah. Di Kalimantan Selatan  kulit kayu ini diusahakan dalam skala industri kecil dan dikenal dipasar dengan merk "Bedak Limpasu".     

4.     PULAI
Alstonia scholaris, pulai, pulantan (Banjar ), pulai ( Indonesia), pule (Jawa) white cheesewood , birrba,milkwood pine,milk wood,milky pine,black board tree,devil's tree,dita bark (Eglish)
Pohon dari famili Apocynaceae dengan nama botani Alstonia scholaris. tergolong pohon besar dengan tinggi dapat mencapai 40 m. Seperti umumnya keluarga Apocynaceae, pulai bergetah putih. Masyarakat pedalaman Kalimantan menggunakan getah ini untuk obat malaria  dengan cara meminumnya satu sendok teh sebelum tidur. Kulitnya digunakan untuk bahan baku obat. berkhasiat untuk mengobati penyakit radang tenggorokan dan lain-lain. 
Suku Aborigin Australia  biasa menggunakan kulit kayu pulai untuk mengobati sakit perut dan menurunkan demam, sedangkan getahnya digunakan untuk mengobati sakit gigi. 

Comments

Popular posts from this blog

Logs of plantation woods against global economic crisis

SAATNYA MASYARAKAT SEKITAR HUTAN BERPERAN

CATATAN YANG TERSERAK