Pendapatan Asli Daerah dan Kemandirian Fiskal




Meningkatnya Pendapatan Asli Daerah (PAD) sering dipahami keliru oleh berbagai kalangan. Hal Ini dapat terjadi karena kekeliruan pemahaman. Naiknya PAD dipandang sebagai peningkatan kontribusi Daerah kepada keuangan Negara (pemerintah pusat), sehingga sepantasnya Pemerintah memberi ganjaran (reward) berupa kucuran dana yang lebih untuk pemerintah daerah. Era otonomi sekarang ini pandangan di atas menjadi tidak pas. Undang-undang Nomor 33 Tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah  mengamatkan perlunya daerah secara otonom membiayai sendiri roda pemerintah dan pembangunan. Suatu daerah dapat dikatakan mampu menjalankan otonomi jika kemandirian fiskalnya baik.
Pemanfaatan Sumberdaya Alam untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD).
 Kemandirian fiskal (baca kemandirian keuangan) daerah tampak dari besarnya  Pendapatan Asli Daerah (PAD)  dibanding Pendapatan Daerah dari sumber lain. Pendapatan dari Sumber lain dalam hal ini bisa berupa bantuan pemerintah pusat maupun berupa pinjaman. Kemandirian fiskal inilah yang secara keuangan menggambarkan otonomi daerah. Artinya, secara keuangan tergambar kemampuan daerah membiayai sendiri operasional pemerintahan, pembangunan maupun pelayanan kepada masyarakat.
 Komponen Pendapatan Asli daerah dalam Struktur APBD suatu daerah meliputi : pajak daerah, retribusi daerah, hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan dan lain-lain pendapatan asli daerah yang sah. Lain-lain pendapatan yang sah diantaranya : hibah, dana darurat, dana bagi hasil pajak, dana penyesuaian dan otonomi khusus dan bantuan keuangan dari pemerintah daerah lainnya.   Pendapatan dari pemerintah (pusat) berupa dana perimbangan: dana bagi hasil, dana alokasi umum dan dana alokasi khusus.
Pengukuran kemandirian fiskal suatu daerah dapat dilakukan dengan menganalisis struktur APBD nya. Pengukuran ini biasa disebut Rasio Kemandirian. Rasio kemandirian merupakan berbanding terbalik dengan bantuan dari pemerintah pusat dan pinjaman .

                                          Pendapatan Asli Daerah
Rasio Kemadirian  = ----------------------------------------
                              Bantuan Pemerintah Pusat + Pinjaman



Comments

Popular posts from this blog

Logs of plantation woods against global economic crisis

SAATNYA MASYARAKAT SEKITAR HUTAN BERPERAN

CATATAN YANG TERSERAK